Apa itu SSD?

Solid state drive atau solid state disk merupakan media penyimpanan (film, file, music,dll) selain hard disk (HDD) yang selama ini biasa kita pakai. SSD sudah merupakan hal yang umum, bahkan cukup populer akhir-akhir ini. Sangat bertolak belakang dengan beberapa tahun yang lalu, dimana SSD baru bisa didapatkan jika kita membeli Ultrabook atau Macbook Air.


Apa bedanya dengan HDD? cara menyimpan data yang menjadi pembeda antara HDD dan SSD. Kita semua pasti tahu jika HDD menggunakan piringan (magnetic coating) sebagai media penyimpanan. Sedangkan SSD sudah mengunakan flash memory chips sebagai media. Namun jangan disamakan flash memory chips yang digunakan SSD dan Flashdisk. Flash memory chips yang ada di SSD jauh lebih cepat dan lebih handal daripada flashdisk.

pagefact / CC0 Public Domain
pagefact / CC0 Public Domain

Bisa dibilang SSD tidak memiliki komponen yang bergerak. Karena hal inilah jika HDD sangat rawan terhadap guncangan, sebaliknya SSD tidak memperdulikan. Begitu juga dalam kecepatan read/write data, karena SSD sudah menggunakan “chips” proses read/write data bisa lebih stabil dan jauh lebih cepat daripada HDD.

Jadi pilih yang manakah SSD atau HDD?? sebenarnya SSD memiliki banyak keunggulan, seperti:

  • Transfer data lebih cepat dan stabil.
  • Tahan goncangan(tidak peduli lebih tepatnya).
  • Tidak berisik (tidak ada bunyi piringan berputar).
  • Lebih dingin.
  • Lebih tahan lama (karena tidak ada part yang bergerak).
  • Ringan.
  • Fleksibel di suhu berapapun.

Namun ada 2 hal yang bisa menyebabkan orang harus berfikir lagi untuk menggunakan SSD. Yaitu harga dan kapsitas. Yup harga SSD cukup mahal apabila dibandingkan kapasitasnya. SSD dengan ukuran 240GB bisa berharga sekitar 800ribuan hingga 1jutaan (tergantung merek), sedangkan dengan nominal yang sama HDD sudah dapat ukuran 1TB. Untuk kapisitas sebenarnya SSD juga memiliki ukuran 1TB, namun harganya masih selangit!!! (bisa mencapai 3,5jutaan keatas).

Jadi bagi yang mempunyai dana lebih, sangat disarankan memakai SSD. Dipastikan kinerja PC atau laptop akan jauh lebih maksimal lagi.

Apakah SSD memerlukan port khusus? tidak ada port khusus untuk SSD. Selama ada port SATA otomatis SSD pun bisa terpasang (port HDD dan SSD sama). Jadi bagi yang punya laptop, HDD-nya bisa diganti jadi SSD. Dan disarankan memakai windows 8.1 atau 10 agar kinerja SSD lebih optimal.


 

Tinggalkan Balasan