Apa itu Asuransi Pemohon Kredit?

Asuransi Pemohon Kredit adalah program asuransi yang memberikan jaminan kepada pemohon kredit (debitur) yaitu dengan membayar uang pertanggungan kepada pihak kreditur atas kewajiban debitur yang meliputi sisa pokok kredit berikut tunggakan bunganya maksimum sebesar uang pertangggungan apabila debitur yang bersangkutan meninggal dunia alami atau kecelakaan.


Bagaimana untuk menjadi peserta asuransi ?

Pelaksanaan penutupan asuransi pemohon kredit dilaksanakan dengan kerjasama dengan pihak kreditur (bank, leasing, koperasi atau lembaga keuangan sejenis). Untuk usia masuk tertanggung atau debitur adalah usia sekarang ditambah jangka waktu kredit maksimum yaitu 65 tahun.

stevepb / CC0 Public Domain
stevepb / CC0 Public Domain

Pihak kreditur harus mengajukan permohonan untuk penutupan asuransi bagi pemohon kredit / debiturnya kepada pihak asuransi dengan mengisi form sppa pengajuan penutupan asuransi yang sudah disediakan oleh pihak asuransi.

Setelah pengisian form pengajuan penutupan asuransi, maka pihak asuransi akan segera menerbitkan Polis beserta lampiran-lampiran daftar peserta asuransi pemohon kredit secara kolektif.

Apabia polis dan lampirannya telah diterbitkan, maka premi harus segera dibayarkan. Selambat-lambatnya satu bulan sejak tanggal penerbitan polis.

Apa sih manfaat asuransi pemohon kredit ?

Manfaat asuransi pemohon kredit sangat bermanfaat bagi para nasabah yang melakukan pinjaman kredit kepada pihak kreditur. Bagi nasabah yang meninggal alami manfaat diberikan apabila tertanggung atau debitur meninggal dunia alami atau bukan karena kecelakaan berupa pertanggungan sisa pokok kredit yang menjadi tanggungan Tertanggung akan beralih menjadi tanggung jawab pihak asuransi.

Sedangkan bagi nasabah atau debitur yang mengalami meninggal dunia karena kecelakaan, manfaat yang diberikan berupa 100% penggantian kredit awal yang disetujui.

Berapa besar premi asuransi pemohon kredit?

Rate premi secara umum yang dikenakan asuransi kepada tertanggung atau debitur adalah single rate berdasarkan jangka waktu kredit dengan usia masuk ditambah jangka waktu pertanggungan kredit maksimum yaitu 65 tahun.

Bagaimana apabila terjadi klaim ?

Jika terjadi klaim, maka yang berhak mengajukan klaim adalah pihak kreditur dengan melampirkan syarat-syarat sebagai berikut :


  1. Mengisi formulir laporan kecelakaan yang telah disediakan oleh pihak asuransi.
  2. Melampirkan fotokopi KTP atau identitas lainnya yang masih berlaku.
  3. Melampirkan bukti asli mengenai keikutsertaan pemohon kredit (debitur) sebagai peserta asuransi dan fotokopi persetujuan kredit yang diberikan oleh pihak kreditur.
  4. Melampirkan surat kematian asli dari pihak yang berwenang atau berita acara Kepolisian apabila pihak debitur mengalami meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas atau tidak wajar dikarenakan mengalami tindak kejahatan.
  5. Melampirkan kelengkapan data ahli waris seperti Surat nikah, Kartu keluarga (KK) dan bukti keabsahan ahli waris lainnya yang diperlukan.
  6. Melampirkan surat pengajuan tuntutan klaim yang diajukan oleh pihak kreditur dilampiri keterangan atau perhitungan sisa kredit yang menjadi kewajiban debitur.
  7. Segala administrasi tentang pelaporan klaim serta dokumen pendukungnya harus dikirimkan kepada pihak reasuransi setiap bulan dengan tembusan kepda Divisi klaim Kantor Pusat.
  8. Untuk pembayaran klaim bagi pihak debitur yang mengalami klaim resiko meninggal dunia alami, dilaksanakan oleh kantor cabang, dan menjadi beban kantor pusat.

Tinggalkan Balasan