Amankah menghapus MSOCache?

Jarang sekali ada user Windows yang tahu adanya folder MSOCache pada drive C. Hal ini disebabkan memang secara default tipe folder beserta file – file isinya adalah hidden. Kita sendiri yang harus dengan sengaja mengaktifkan tampilkan semua file dan folder yang disembunyikan baru bisa muncul di Windows Explorer. Setelah terlihat baru ada rasa penasaran untuk apa MSOCache ini dan aman tidak dihapus?


Apa itu MSOCache? Kalau anda buka – buka isinya mungkin ada nama – nama familiar didalamnya dengan Microsoft Office. Yup, tebakan anda sudah benar. MSOCache adalah folder yang dibuat Microsoft untuk menyimpan data instaler Office. Ini termasuk Word, Excel, PowerPoint dan seterusnya. Dan ini otomatis diciptakan saat anda menginstallnya.

MSOCache

Apa fungsi MSOCache? Gunanya sederhana sekali tapi sangat membantu saat dibutuhkan. Salah satu manfaatnya ada masalah atau kerusakan pada Office anda bisa mencoba memperbaikinya tanpa perlu installernya, karena secara default akan diambil dari folder MSOCache. Intinya kalau anda perlu salah satu dari ini:

  • The Detect and repair operation
  • The Demand install operation
  • The Maintenance mode setup operation
  • The installation of service packs and updates

Dan anda tidak punya CD/DVD instalasinya lagi maka tidak perlu khawatir.

Harddisk saya kritis dan saya tidak perlu fitur – fitur diatas karena semuanya berfungsi normal. Apakah MSOCache bisa dihapus? Jawabannya adalah bisa sekali. Tapi sangat disarankan anda lewat jalur yang disarankan Microsoft untuk membersihkan isinya, yakni lewat Disk Cleanup.

Karena sudah terlanjur saya bersihkan jadinya tidak muncul Office Setup Files dalam daftarnya. Ini sebagai ilustrasinya saja.
Karena sudah terlanjur saya bersihkan jadinya tidak muncul Office Setup Files dalam daftarnya. Ini sebagai ilustrasinya saja.

Nanti didalam tool ini jangan lupa pilih Office Setup Files. Setelah diproses maka hasilnya antara ukuran MSOCache tambah kecil atau malah kosong sama sekali.

Sangat tidak direkomendasikan kalau dihapus begitu saja lewat Windows Explorer karena referensi lokasinya masih digunakan oleh Office. Tapi selama tidak terjadi masalah ya aman – aman saja kalau didelete langsung. Keputusan ada di tangan anda. 🙂

Ada satu lagi, kalau tidak ingin adanya MSOCache maka pada saat proses instalasi dan memilih – milih komponen mana yang akan dipasangkan langsung saja tentukan simpan/jalankan semua dari komputer (Run all from My Computer).


Tinggalkan Balasan