Alternatif uTorrent terbaik

Download file melalui BitTorrent mulai dilirik karena selain mudah penggunaannya dan juga sangat cocok untuk mendapatkan file dengan ukuran sangat besar atau jumlahnya banyak. Salah satu program download torrent yang populer digunakan adalah uTorrent. Walaupun aplikasi ini gratis tapi banyak iklan disisipkan di berbagai tempat. Selain ini mengganggu juga habis – habisin bandwidth saja karena akan direfresh terus. Cara mematikan iklannya pun tidaklah intuitif walaupun bisa dilakukan.


Misalkan anda sudah bosan atau bahkan muak (seperti saya) karena tambah aneh saja arah pengembangan uTorrent. Maka sudah saatnya untuk mempertimbangkan klien torrent alternatifnya.

Deluge: http://deluge-torrent.org/
Fokus Deluge adalah program torrent yang ringan tapi penuh fitur. Ini terlihat dari tampilan minimalis aplikasinya, jadi melihat sekilas saja kita langsung tahu status proses unduhnya. Apabila ada yang dirasa kurang maka uniknya ada sistem plugin untuk menambahkan fitur. Tersedia untuk Windows, Linux dan Mac.

qBittorrent: http://www.qbittorrent.org/
Kalau anda ragu untuk pindah dari uTorrent karena kemungkinan tampilan program lainnya berbeda dan membuat bingung cara pakainya maka qBittorrent ini adalah jawabannya. Aplikasi ini meniru tampilan uTorrent dan pengaturannya. Kalau yang sudah biasa maka bisa langsung pakai saja dan agak membiasakan terhadap istilah dan penataan opsi yang baru saja, minor kok. Lisensinya open source dan pengembangannya aktif.

Transmission: https://transmissionbt.com/
Keunggulan dari Transmission adalah kesederhanaanya, jadi kalau anda tidak butuh fitur yang aneh – aneh maka bisa menggunakan ini. Sayangnya hanya tersedia untuk Mac dan Linux. Sedangkan tampilannya berbeda dengan uTorrent. Apabila anda ingin memakainya di Windows bisa mencoba forknya di Transmission-Qt.

FreeDownloadManager: http://www.freedownloadmanager.org/
Apabila anda butuh satu solusi lengkap sebagai pengganti IDM (Internet Download Manager) dan uTorrent maka FreeDownloadManager ini adalah jawabannya. Selain mampu mempercepat proses download file biasa juga dengan tambahan dukungan BitTorrent membuatnya jadi serba bisa. Tidak perlu install 2 aplikasi kalau sudah memanfaatkan FDM karena sudah terintegrasi.

Ternyata setelah anda coba semua tidak ada yang cocok? Ingin kembali ke uTorrent tapi enggan pakai versi terbarunya karena penuh masalah dan iklan? Solusinya mudah, tinggal pakai saja versi lamanya. Saya anjurkan pakai uTorrent 2.2.1 karena belum ditambahkan fitur – fitur non-esensial dan iklan.


Tinggalkan Balasan