Alternatif terbaik Microsoft Office

Sudah jamak penggunaan komputer pasti ada software Microsoft Office ikut diinstall. Ini karena dalam pekerjaannya akan dibutuhkan Word menulis dokumen, Excel untuk perhitungan stok, dan PowerPoint untuk membuat presentasi. Masalahnya Microsoft Office bukanlah barang gratis dan yakinlah banyak yang menggunakan versi bajakan. Karena hal ini ilegal dan apabila anda ingin bisa bekerja seperti biasa dengan lebih hemat atau malah tanpa mengeluarkan biaya lebih maka aplikasi alternatifnya patut dipertimbangkan.


Fokus perangkat lunak yang akan dibahas adalah yang memiliki versi gratisnya dan terus terang secara fitur seringnya kita cuma memanfaatkan sebagian kecil dari Office. Jadi tidak harus menggunakan yang setara berdasarkan kelengkapan fitur ataupun memiliki alur penggunaan yang persis sama.

LibreOffice: https://www.libreoffice.org/
Merupakan pecahan dari OpenOffice dan walaupun memiliki tampilan agak jadul (mirip Office 2003) tapi secara kemampuan dan performa sudah sangat bagus. Untuk pembuatan dokumen pakai Writer sudahlah cukup canggih tapi kalau anda membukan worksheet excel pada Calc yang isinya banyak rumus maka kemungkinannya masih 50-50 akan berfungsi normal. Tingkat kompatibilitasnya masih dikerja agar bisa sempurna.

WPS Office: https://www.wps.com/office-free
Mungkin anda sudah mengenal nama WPS Office dari aplikasinya yang ada di Google Play Store. Dan ternyata ada edisi Windows dan Linuxnya lho. Sebenarnya ini software komersil yang tersedia versi cuma – cumanya. Dan tampilannya paling modern dan sangat mirip Office 2010 keatas, juga diikutkan PDF reader. Cuma kadang – kadang akan diselipi iklan dalam jendela programnya, tapi bisa dihilangkan kalau beli edisi Premium (senilai $19.99 per tahun).

SoftMaker FreeOffice: http://www.freeoffice.com/en/
Sedangkan FreeOffice ini saya suka dari segi performanya karena saat diujicoba terasa bedanya dengan waktu membuka WPS Office. Apalagi tidak ada iklannya, tinggal kita pakai saja di komputer atau handphone/tablet. Edisinya tersedia untuk Windows, Linux dan Android. Tampilannya sendiri sama – sama bagusnya dengan Microsoft Office dan WPS Office, tampaknya mengadaptasi dari rajanya. 😀

Google Docs: https://docs.google.com/
Saya yakin kalau anda sudah punya handphone Android pasti ada akun Gmailnya. Dan ini secara tidak langsung memberikan fasilitas Office online lewat Google Docs yang terintegrasi dengan Google Drive. Kalau anda hanya butuh edit – edit sederhana dan ingin kolaborasi dengan teman maka ini solusinya yang terbaik. Apalagi file yang dibuat ataupun diedit tidak akan hilang dan bisa diakses darimanapun asal ada internet.

Sebenarnya tidak terbatas yang saya sebut dalam daftar dan jelaskan diatas. Masih ada Abiword kalau anda perlu editor teks paling ringan, cocok buat netbook atau komputer lama. Ataupun Office Online dari Microsoft yang bersaingan dengan Google Docs, dan ZOHO pun tidak ketinggalan dalam sektor yang sama.


Tinggalkan Balasan