Alternatif selain Networx

Networx merupakan aplikasi Windows yang cukup populer digunakan untuk memantau penggunaan bandwidth. Banyak yang menggunakannya (termasuk saya) untuk mencegah penggunaan kuota internet yang melebihi batas, ini sering terjadi kalau pakai data seluler yang tidak unlimited. Pulsa masih mahal soalnya. 😀 Sayangnya Networx sudah tidak gratis lagi.


Ini adalah kabar buruk yang baru saya tahu saat aplikasinya sendiri melakukan auto-update ke versi 6.0.0. Ternyata berubah menjadi aplikasi berbayar senilai $29 dari rilis terkininya pada tanggal 1 Januari 2017 ini.

Yang terjadi setelah diinstall updatenya adalah masuk ke versi Trial selama 30 hari. 🙁 Jadi sedikit peringatan saja bagi yang masih ingin memakai Networx maka tetaplah menggunakan versi 5.5.5 yang belum diracuni menjadi berbayar.

Tapi bagaimana kalau kita ingin pindah saja ke aplikasi lain yang fungsinya sama tapi gratis? Maka ada beberapa alternatif yang bisa dicoba:

Semuanya bisa didownload dan digunakan secara cuma – cuma, secara fitur minimal bisa untuk mengawasi kecepatan internet saat itu dan mencatatnya. Tapi memang ada fitur – fitur yang kurang lengkap dibandingkan Networx.


Tinggalkan Balasan