500 Internal Server Error salah siapa?

Pagi ini saat sedang masa – masa penting mengikuti ujian online BPJS Ketenagakerjaan malah di browser muncul pesan error 500 Internal Server Error. Otomatis panik dan bingung bagaimana selanjutnya. 🙁 Apakah agan dan sista merasakan hal yang sama?


Sambil menanti website ujiannya beroperasi lagi iseng saja cari – cari info ini apa penyebabnya dan apakah ada solusinya. Kesimpulannya… posisi kita sebagai rekan – rekan senasib ada hubungannya tapi yang bisa memperbaikinya hanyalah admin dari situs BPJS Ketenagakerjaan saja.

Memahami maksud pesan errornya ini disebabkan masalah pada servernya, dan ini disebabkan oleh kita yang rame – rame mengikuti ujian online dan servernya kewalahan. Sederhana kan? Ibaratnya jalan tol waktu lebaran pasti macet juga eh ditambah ada kecelakaan dan pintu tol tutup karena petugasnya pingsan kecapekan. Hiperbola memang. Tapi saya yakin sobat paham maksudnya. 😀

Untungnya ini bukan infrastruktur yang tipenya tetap seperti jalan raya, yang tentunya waktu dan biayanya cukup masif juga. Server itu masih bisa diupgrade kalau kurang gahar spesifikasinya atau ditambah banyaknya supaya beban kerjanya bisa dibagi – bagi. Tinggal apakah sistemnya sudah mendukung dan dananya siap untuk meningkatkan skalanya.

Semoga saja lekas terselesaikan masalahnya biar yang menunggu ga cemas terlalu lama. Semoga sukses ujiannya kawan.


Tinggalkan Balasan